Latest Movie :

MES Susun Road Map Ekonomi Syariah

By Republika Newsroom
Selasa, 27 Januari 2009 pukul 16:33:00

JAKARTA – Untuk mengembangkan dan mengenalkan ekonomi syariah di Indonesia, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) akan menyusun road map ekonomi syariah. Road map tersebut berupa rencana dan langkah-langkah yang akan dilakukan oleh MES dalam 20 tahun ke depan.

Sekretaris Jenderal MES, Muhammad Syakir Sula mengatakan road map tersebut akan terbagi dalam empat tahap. Masing-masing tahapan tersebut memiliki jangka waktu lima tahun. “Road map merupakan perjalanan yang akan dilakukan MES untuk membangun perekonomian Indonesia yang berbasis spiritual dalam 20 tahun mendatang,” kata Syakir kepada Republika, Selasa (27/1/2009).

Dalam rakernas lalu MES pun telah menyiapkan kerangka road map, namun saat ini masih berupa gambaran kasar dan akan terus dikembangkan. Misalnya di tahap pertama road map, MES berencana membangun landasan ekonomi syariah dengan mengenalkan sistem ekonomi tersebut di semua lini pendidikan, mulai dari sekolah dasar. Selain itu teori-teori ekonomi syariah untuk dijadikan textbook, maupun riset mendalam tentang ekonomi syariah. Sementara itu di tahap kedua berupa pengembangan jaringan, penetapan standar, maupun penyusunan naskah peraturan yang mendukung ekonomi syariah.

Dalam menyusun road map tersebut akan terdapat tim yang terdiri dari berbagai pihak. Mulai dari Departemen Agama, Departemen Keuangan, DPR, Bank Indonesia, Ikatan Ahli Ekonomi Islam, dan sejumlah tokoh syariah serta ekonom terkemuka. Dalam waktu satu atau dua bulan ke depan, tambah Syakir, akan digelar workshop selama dua hari untuk membahas isi road map tersebut.

Setelah road map final, MES akan mengajukannya kepada pemerintah sebagai referensi dan masukan. Dalam 20 tahun MES pun bertujuan ekonomi syariah bisa menjadi sistem bagi masyarakat Indonesia. Untuk merealisasikan hal itu, ujar Syakir, MES akan mensosialisasikan ekonomi syariah secara kultural dari bawah. “Sosialisasi akan dilakukan mulai dari bawah dan tidak mengelit pada suatu kelompok tertentu,” kata Syakir.

Sementara itu, Ketua Dewan Pakar MES Aries Muftie mengatakan road map tersebut bertujuan menjadikan syariah tak hanya sekadar alternatif. “Saat ini mungkin sistem syariah sebagai alternatif, tapi ke depannya konvensional yang akan menjadi alternatif,” kata Aries. Ia pun optimis sistem ekonomi syariah dapat menjadi sistem ekonomi utama di Indonesia. Rata-rata per tahunnya lembaga keuangan syariah mengalami pertumbuhan 40 persen.c67/ya

Sumber: http://ng.republika.co.id/berita/28161/MES_Susun_Road_Map_Ekonomi_Syariah
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KONSULTASI ZAKAT DAN EKONOMI ISLAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger