Latest Movie :

Bank Mandiri Yakin Penjualan Sukuk Ritel Optimal

By Republika Newsroom
Jumat, 30 Januari 2009 pukul 16:22:00

JAKARTA -- Bank Mandiri optimistis mampu menjual sukuk retail SR001 yang merupakan sukuk (surat utang syariah) pertama yang dikeluarkan pemerintah. "Dengan 1.004 cabang Bank Mandiri yang tersebar di seluruh nusantara, kami yakin dapat melayani penjualan suku ritel SR001 dengan hasil yang maksimal," kata Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Wayan Agus Mertayasa di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan akan memasarkan sukuk ritel SR001 tersebut secara on line melalui sistem Mandiri akses investasi (Maksi). Selain itu nasabah nantinya juga dapat membeli melalui pasar sekunder. Untuk itu Bank Mandiri bekerja sama dengan anak usahanya PT Mandiri Sekuritas akan menyediakan harga bid/offer (harga permintaan dan penawaran) sukuk ritel itu setiap hari kerja. Sedangkan untuk penjualan sukuk melalui Bank Mandiri bisa dilakukan melalui mekanisme bursa maupun over the counter (OTC).

Sementara itu, hari ini menteri keuangan meluncurkan sukuk retail pertama SR 001 yang memiliki tenor tiga tahun yang akan jatuh tempo pada 20 Februari 2012, dengan imbalan ditetapkan sebesar 12 persen, dan minimal pemesanan Rp5 juta dan maksimum tanpa batas.

Suku retail tersebut akan ditawarkan mulai 30 Januari 2009 sampai dengan 20 Februari 2009 (pasar perdana). Sukuk itu ditujukan bagi investor ritel perorangan warga negara saat peluncuran di pasar perdana.

Pemerintah telah menetapkan 13 agen penjualan sukuk yaitu Bank Andiri, Bank Syariah Mandiri, Citibank, HSBC, BII, BNI Securities, Bahan Securities, Danareksa Sekuritas, Andalan Artha Advisindo Securities, Anugerah Securindo Indah, CIMB -GK Securities Indonesia, Reliance sekurities dan Trimegah securities.

Kemuculan sukuk retail saat ini tengah ditunggu-tunggu kalangan perbankan sebab menambah instrumen untuk penempatan dana bank syariah yang saat ini sangat terbatas. ant/is

Sumber: http://ng.republika.co.id/berita/28789/Bank_Mandiri_Yakin_Penjualan_Sukuk_Ritel_Optimal
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KONSULTASI ZAKAT DAN EKONOMI ISLAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger